kembangkan kemampuan guru pramuka, maarif babat adakan KMD bersama Lembaga se cabang babat

Babat, NU Online
Kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar (KMD) yang dilaksanakan oleh Satuan Komunitas Ma’arif NU Cabang Babat, Lamongan bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina pramuka. 

Kegiatan yang dilaksanakan di SMK Wachid Hasjim Maduran pada hari Sabtu-Jumat, 01-07 Oktober 2016 ini diikuti oleh seluruh calon pembina pramuka di gugus depan binaan PC LP Maarif NU Babat. 

Mulai dari pretest untuk mengawali KMD, seluruh peserta nampak menikmati dengan soal yang diberikan oleh kakak pelatih. Kemudian dinamika kelompok dengan menyusun puzzle. Usai itu waktunya istirahat shalat dan persiapan upacara pembukaan kursus.

Tepat ba'da maghrib upacara pembukaan kursus dilaksanakan, dihadiri oleh Ketua Sakoma PW LP Maarif NU Jawa Timur dan beberapa dari Pelatih Pusdiklat Jodipati Kwarda Lamongan. Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari PW LP Maarif NU Jawa Timur sebab Sakoma Cabang Babat adalah pertama kalinya Sakoma mengadakan KMD. Setelah itu, orientasi kursus oleh Ketua Pusdiklat langsung yaitu Imam hingga pukul 11.00 malam.

Hari kedua suasana nampak cerah, diawali dengan kegiatan senam pagi dilanjut sarapan. Kemudian materi oleh para pelatih. Beberapa hari berjalan mulai dari kekompakan, solidaritas dan kekeluargaan mulai tertanam. 

Materi yang diberikan diantaranya kepramukaan, AD/ART Gerakan Pramuka, prodik, cara membina dengan sistem among, organisasi, SKU/SKK/TKK, SPG/TPG & alat pendidikan hingga kegiatan luar ruang. (Wiwin/Mukafi Niam

Komentar